Biaya Sertifikasi ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001

Biaya Sertifikasi ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001

Biaya Sertifikasi ISO

Biaya Sertifikasi ISO - Berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001 atau ISO 14001 atau OHSAS 18001 dan lain sebagainya. Di dalam mendapatkan sertifikasi ISO sebetulnya tidak ada standar harga pasti berapa biaya keseluruhan sampai saat sertifikat keluar dan Lembaga Sertifikasi ISO dan sebuah perusahaan di katakan lulus saat audit sertifikasi. Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan terdiri dari dua bagian. Pertama, biaya untuk sertifikat itu sendiri. Kedua, biaya dari persiapan untuk mendapatkan sertifikat. 

Untuk mengurangi biaya sertifikasi ISO, Ada beberapa organisasi dan perusahaan menggunakan internal auditornya sendiri. akan tetapi apabila perusahaan tersebut tidak mempunyai internal auditor sendiri maka mereka harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk menggunakan external auditor yang disediakan oleh Badan Sertifikasi ISO atau Lembaga Sertifikasi ISO yang mereka gunakan.

Baca Juga : Manfaat Sertifikasi ISO 9001

Untuk menentukan biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan badan sertifikasi yang penting dan di ingat ialah ruang lingkup sertifikasi. semakin besar ruang lingkup perusahaaan maka semakim besar biaya yang di keluarkan. Sebaiknya organisasi harus menetapkan terlebih dulu apabila ingin menetapkan ruang lingkup yang akan di sertifikasi misal hanya kantor dan site atau hanya workshop dari organisasi. Jumlah karyawan juga berpengaruh terhadap biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendapatkan sertifikasi ISO. Biasanya badan sertifikasi hanya menghitung jumlah karyawan tetap, namun untuk sistem manajemen yang lain bisa dihitung jumlah keseluruhan karyawan.