Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001

Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001

Tips Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001

Untuk mendapatkan Sertifikasi ISO 9001 sangatlah mudah dan tidak sesulit apa yang dibayangkan. Kami akan memberikan sedikit penjelasan bagaimana langkah dalam membantu organisasi atau perusahaan dalam proses pelaksanaan mendapatkan Sertifikat ISO 9001. 

Siapa yang mengeluarkan Sertifikasi ISO 9001 :

Sertifikasi ISO 9001 dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi, di indonesia jumlah badan sertifikasi ISO sangatlah banyak, namun ada beberapa nama yang sudah cukup banyak di kenal seperti Sucofindo, SGS, TUV, EQA, dan lain - lain.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001 :

Di dalam mendapatkan sertifikat ISO 9001 ada beberapa syarat yang tentu harus di penuhi oleh organisasi atau perusahaan diantaranya ialah :
  • Perusahaan atau organisasi sudah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001.
  • Perusahaan atau organisasi sudah lulus proses audit sertifikasi oleh Lembaga sertifikasi ISO.

Proses Audit Sertifikasi ISO 9001 itu Bagaimana dan Seperti Apa :

Apabila suatu organisasi atau perusahaan sudah menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan pasal yang ada di dalam persyaratan ISO 9001 sudah di implementasikan dengan minimal 3 bulan maka organisasi bisa mengajukan untuk di audit oleh badan sertifikasi ISO yang sudah anda pilih.

Berapa lamanya proses Audit Sertifikasi :

Lamanya proses audit biasanya di lihat dari luang lingkup perusahaan anda, semakin besar organisasi anda maka akan semakin lama pula prosesnya, dan biasanya audit dilakukan dalam 2 stage :
  • Stage 1 biasanya dilakukan untuk mereview & memeriksa pemenuhan persyaratan dokumentasi.
  • Stage 2 biasanya dilakukan untuk proses sertifikasi kelayakan implementasi persyaratan ISO 9001.

Berapa Lama Sertifikasi ISO 9001 dinyatakan lulus dan sertifikasi diterima ?

Pada saat proses audit berlangsung di temukanny beberapa temuan maka organisasi anda diwajibkan memberikan bukti hasil perbaikan sebelum proses pencetakan sertifikat. Tiap Badan Sertifikasi ISO tidak sama dalam mengeluarkan dan menyerahkan sertifikasi ISO ke kliennya. Bila Badan Sertifikasi ISO yang anda pilih menginduk ke luar negeri biasanya proses waktunya sekitar 2 minggu sampai 1 bulan setelah organisasi dinyatakan lulus proses audit. Bagi Badan Sertifikasi ISO yang tidak menginduk ke luar negeri proses waktunya bisa lebih cepat sekitar 1 sampai 2 minggu.

sertifikasi ISO 9001 berlaku berapa lama ?

Semua badan sertifikasi ISO yang ada di indonesia mempunyai masa berlaku yang sama yaitu 3 tahun. dan dalam masa berlakunya, setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali Lembaga Sertifikasi ISO akan melakukan proses audit tahunan dengan istilah survailance audit, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa organisasi konsisten di dalam menerapkan sistem manajemen mutu. Namun bila masa berlaku sudah hampir habis makan akan dilakukan re-newal audit atau re-sertifikasi.

Berapa Biaya untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001 :

Dalam Proses sertifikasi ISO 9001 biaya yang dikeluarkan biasanya bila dibandingkan dengan suatu organisasi atau perusahaan yang tidak menggunakan konsultan dalam proses sertifikasinya akan relatif lebih murah karena tidak ada biaya Konsultasi dalam proses sertifikasinya

demikianlah Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001 yang bisa kami informasikan kepada anda. Semoga penjelasan dari beberapa proses yang dilakukan sebelum dan sesudah mendapatkan sertifikasi ISO bermanfaat bagi anda.