Manfaat Sertifikasi ISO 14001 Bagi Organisasi & Perusahaan

Manfaat Sertifikasi ISO 14001




ISO 14001 adalah satu standar yang sudah diakui secara internasional yang dimana telah menetapkan persyaratan – persyaratan sistem manajemen lingkungan. Sistem manajemen lingkungan ISO 14001 ini dapat membantu organisasi dan perusahaan di dalam meningkatkan kinerja lingkungan melalui efisiensi penggunaan sumber daya dan mengurangi limbah, memperoleh keunggulan secara kompetitif dan kepercayaan dari para pihak yang berkepentingan.

Sistem manajemen lingkungan ISO 14001 dapat membantu organisasi dan perusahaan dalam mengidentifikasi, mengelola, memantau serta mengendalikan permasalahan dilingkungan sekitar dengan cara “holistik”. Sistem ISO 14001 juga bisa diintegrasikan dengan sistem manajemen ISO lainnya.

Organisasi dan perusahaan beranggapan bahwa semua masalah lingkungan yang relevan untuk operasionalnya seperti masalah limbah, polusi air, polusi udara, kontaminasi tanah, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan adaptasi serta efisiensi penggunaan sumber daya. Sama seperti standar manajemen ISO lain, pada ISO 14001 juga perlu melakukan perbaikan secara terus menerus pada sistem organisasi dan pendekatan untuk masalah lingkungan. Standar ini sudah direvisi dengan perbaikan kunci seperti peningkatan lingkungan dalam perencanaan strategi proses organisasi, komitmen dari top manajemen yang kuat dalam inisiatif proaktif yang dapat meningkatkan kinerja lingkungan.

Manfaat Sertifikasi ISO 14001 Bagi Organisasi dan Perusahaan

Begitu banyak alasan kenapa organisasi dan perusahaan harus mengambil pendekatan strategis agar dapat memperbaiki lingkungan. Berikut beberapa manfaat sertifikasi ISO 14001 bagi organisasi dan perusahaan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Dapat meningkatkan reputasi positif perusahaan dan kepercayaan selaku pemangku kepentingan melalui komunikasi strategis.
  2. Meningkatkan keterlibatan di semua level manajemen baik dari low, middle hingga top manajemen.
  3. Dapat memberikan keunggulan secara kompetitif dan keuangan melalui peningkatan efisiensi dan pengurangan biaya.
  4. Dapat mencapai tujuan bisnis strategis dengan memasukkan isu-isu lingkungan ke dalam bisnis manajemen.
  5. Menunjukkan kepatuhan dengan mematuhi persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku.
  6. Dapat mendorong kinerja lingkungan menjadi lebih baik lagi dengan mengintegrasikan pemasok kedalam sistem bisnis organisasi. 
Baca Juga : Tips memilih badan sertifikasi ISO